Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan

  • Nisma Badar STKIP Kie Raha
  • Arniati Bakri STKIP Kie Raha
Keywords: Strategi Pembelajaran, Model Pendekatan, Metode Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran terhadap peserta didik Sekolah Menengah Pertama harus memiliki strategi yang tepat, dalam suatu prosese pembelajaran kita perlu adanya pendekatan terhadap peserta didik agar kita dapat mengetahui setiap karakter anak, agar kita mudah untuk menentukan suatu model pembelajaran apa yang cocok untuk peserta didik yang akan di didik. Metode ini untuk mempermudah tenaga pendidik juga untuk tidak seenak memberikan model pembelajaran tanpa adanya pendekatan dan akan berakibat pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama jika kita salah memberi strategi.

Dalam dunia pendidikan, beberapa istilah seperti strategi, pendekatan, model dan metode sering digunakan untuk menggambarkan situasi belajar-mengajar. Dan istilah-istilah tersebut sering tidak konsisten dan acap kali terjadi overlapping dalam penggunaanya. Untuk membedakan dan memperjelas perbedaan masing-masing istilah tersebut, perlu dikaji dan dibahas secara konsektual dan komprehensif. Hal ini perlu dilakukan, guna tidak terjadi lagi kerancuan dan salah pemahaman makna dari beberapa istilah tersebut. Tulisan ini secara khusus akan mencoba menguraikan keempat istilah tersebut, karena keempat istilah tersebut paling banyak digunakan dan diacu oleh para praktisi di bidang pendidikan klarifikasi terhadap istilah-istilah akan membantu untuk menguraikan kerancauan pemahaman makna dalam dunia pendidikan dan dunia literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1984). Strategi Belajar Mengajar suatu Pengantar. Jakarta: PPLPTK.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1982). Konsep CBSA dan Berbagai Strategi Belajar Mengajar. Program Akta VB Modul 11. Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi
Frelberg, H.J. and Driscoll, A. (1992). Universal Teaching Strategies. Boston: Allyn & Bacon.
Gerlach, V.S. & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.
Raka Joni, T. (1993). Cara Belajar Siswa Aktif, Implikasinya terhadap Sistem Penyampaian. Jakarta: PPLPTK.
Semiawan, C. dkk. (1988). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Una Kartawisata dan kawan-kawan. (1980). Penemuan sebagai Metode Belajar Mengajar. Jakarta: P3G- PPLPTK.
Winarno Surakhmad. (1986). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.
Zubair Amin and Khoo Horn Eng. (2003). Basic in Medical Education. Singapore: World Scientific.
Published
2022-06-16