Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 4 Satap Maba Kabupaten Halmahera Timur

  • Jena Andres STKIP Kie Raha
Keywords: Pendekatan, Contextual Teaaching and Learning, CTL, Hasil belajar

Abstract

Pendekatan kontestual dalam proses pembelajaran guru dapat menerapkan pendekatan Contextual Teaaching and Learning  (CTL)  dimana lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu siswa memahami konsep yang langsung berada dilingkungan dimana memudahkan guru dalam proses penjelasan terhadap konsep yang dipelajari bersama siswa meskipun membutuhkan kerjasama yang baik antara guru dan siswanya. SMP Negeri 4 SATAP Maba Kabupaten Halmahera Timur merupakan sekolah yang berorientasi lingkungan kenyataannya guru belum memanfatkan visi sekolah dngan baik salah satunya menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan dengan pendekatan pembelajaran yang tepat dimana guru masih mengandalkan metode konvesional (ceramah) yang mengarah pada teacher-centered proses pembelajaran hanya di lakukan di dalam kelas untuk itu diperlukan inovasi dalam pembelajaran dengan menerapan pendekatan Contextual Teaaching and Learning  (CTL). Penelitian ini merupakan tipe korelasi dengan pendekatan Quasi eksperimen yang dilaksanakan SMPN 4 SATAP Maba Kabupaten Halmahera Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ini ditunjukan dengan hasil analisis Anava pada nilai signifikansi yaitu 0,010 ˂ 0,05 atau sig ˂ 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, 2011.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung persada press,

Djamarah dan syaiful bahri 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyanti dan Mudiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi mahasatya

Dwi martina effendi dan Safrudin M Abidin. 2021. Pengaruh Pemanfatan Limbah Sagu ( Metroxylon
Sagu Rott) Dan Feses Sapi Untuk Dijadikan Pupuk Organik Padat Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassicajuncea L) Di Kelurahan Sasa Green House Biologi (STKIP) Kie Raha. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Hidayat.M. 2013.Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Concep Mapping terhadap kemampuan kerjasama dan peningkatan penguasaan konsep peserta didik SMA pada topik pencemaran lingkingan. Tesis, Tidak di publikasikan,Universitas Negeri Yogyakarta.
Karina Sapsuha dan Ermin. 2021. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik biologi SMP Negeri 3 Kota Ternate. . Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Mulyani,Sri.(2008).Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan pembelajaranBiologi.Semarang: Biologi FMIPA UNNES.

Nasution.1995.Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ridlo,S.2005. Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Dipresentasikan pada SemiardanLokakaryaPengembangan Kurikulum dan DesainInovasi Pembelajaran Jurusan BiologiFMIPA UNNES dalam rangka pelaksanaan PHK A2. Semarang. Biologi FMIPA UNNES.
Ratna Abubakar dan Muhammad Iksn B Aly.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual pada tumbuhan pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 13 kota Ternate. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Sagala Syaiful.2009. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta

Sudjana, Nana. 2000. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Syaiful Sagala. 2011.Konsep dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Syaiful, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo persada

Syaiful, Bahri.2006. konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sintia umagapi dan jena Andres.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada materi komponen-komponen linkungan tethadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Kota Ternate. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasionsl

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari dan Muhammad Hidayat.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada tumbuhan mangrove di Sofifi kota Tidore Kepulauan Maluku Utara terhadap hasil belajat peserta didik. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.

Wena, Made.2009.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional).Jakarta : Bumi Aksara
Published
2022-03-22