Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) UNTUK Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate
Abstract
Pendidikan dipercaya sebagai suatu usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan siswa agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya.Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai kebehasilan dalam perkembangan siswa. Dari pendapat di atas menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, salah satu model yang sangat cocok dengan karakter siswa khususnya siswa kelas VII yaitu model PBL hal ini karena siswa pada tahap ini masih dalam tahap operasional kongrit dimana siswa belum bisa memberikan penalaran yang luas terhadap materi Biologi. Berdasarkan hasil observasi awal melalui pengamatan di kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate pada materi biologi siswa cenderung pasif. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate masih rendah yakni masih ada beberapa siswa yang nilainya dibawahnilai KKM (KKM: 70). Kondisi ini menunjukanbahwa proses pembelajaran cenderung berlangsung satu arah.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), guna mengetahui Pembelajaran PBLuntuk Meningkatkan hasil belajarsiswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate.Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran PBLdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate. Rerata klasikal persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I skor rerata klasikalnya sebesar 58,5 hasil belajar ini belum memusakan, pada siklus II rerata klasikal menjadi 75,5.
Downloads
References
Aisia Umawaitina. 2016. Pengunaan model pembelajaran Talking Stick pada pokok bahasan kemerdekaan mengemukkan pendapat dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.(Skripsi) Unhair. Ternate
Aqib.Zainal. 2006. Penelitian tindakan kelas. Yrama widya: Bandung.
Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Satu Nusa: Bandung
Dimyati. 2002. Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta : Bandung
Evelyn C. Pearce. 2006. Anatomi dan fisiologi untuk paramedik. Gramedia.: Jakarta:
Hamdani. 2011. Strategi belajar mengaja. Pustaka setia : Bandung.
Hamzah B Uno. 2010. Profesi kependidikan. Bumi Aksara : Jakarta.
Isjoni. 2009. Pembelajaran kooperatif. Pustaka pelajar:Yogyakarta
Karina Sapsuha dan Ermin. 2021. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik biologi SMP Negeri 3 Kota Ternate. . Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
M Ibrahim. 2000. Pembelajaran kooperatif. University press : Surabaya.
Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil proses belajar mengajar. Ramaja Rosdakarya:Bandung.
Ratna Abubakar dan Muhammad Iksn B Aly.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual pada tumbuhan pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 13 kota Ternate. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Sudjana. 2009. Penelitian proses motivasi belajar mengajar. Remaja rosdakarya: Bandung
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan RD. Alfabeta :Bandung.
Sintia umagapi dan jena Andres.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada materi komponen-komponen linkungan tethadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Kota Ternate. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Wulandari dan Muhammad Hidayat.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada tumbuhan mangrove di Sofifi kota Tidore Kepulauan Maluku Utara terhadap hasil belajat peserta didik. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.