Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII MTs- Al-Farabi Wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur
Abstract
Model pembelajaran Alam Sekitar (JAS) merupakan model pembelajaran yang membantu siswa mengenali alam dan lingkungannya dengan menggunakan alam sekitar sekolah atau lingkungan tempat tinggal siswa.sebagai bahan pembelajaran untuk siswa dapat memahami dengan benar materi yang dipelajari sehingga kebermaknaan materi ajar dapat di aplikasikan siswa di kehidupan nyata. Pembelajaran JAS merupakan strategi dalam pembelajaran yang mengutamakan lahan di sekitar sekolah atau sumber belajar lain di luar sekolah sehingga memungkinkan siswa belajar secara langsung terhadap fenomena alam berdasarkan pengamatannya. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Alfarabi Wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur dengan jumlah sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Asumsi dalam penelitian ini menggunakan asumsi RAL dimana seluruh perlakuan awal dianggap sama tidak ada yang berbeda sehingga hasil yang diperoleh mutlak karena adanya pengaruh dari perlakuan.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap penguasaan konsep siswa di Mts. Alfarabi wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur dimana berdasarkan hasil uji anava posstest diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,040 ˂ 0,05 atau sig ˂ 0,05.
Downloads
References
Alimah.S., 2014. Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 31. No.1 Di akses pada 6 september 2019 melalui https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5686
Ambarwati.W., 2013.Penerapan Strategi Concept Mapping Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas VI SDN Purwoyoso 06 Kota Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri: Semarang. https://lib.unnes.ac.id/17386/
Afandi.M., Chamalah.E. & Wardani. O. P., 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Universitas Islam Sultan Agung: Semarang.
Dwi martina effendi dan Safrudin M Abidin. 2021. Pengaruh Pemanfatan Limbah Sagu ( Metroxylon Sagu Rott) Dan Feses Sapi Untuk Dijadikan Pupuk Organik Padat Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassicajuncea L) Di Kelurahan Sasa Green House Biologi (STKIP) Kie Raha. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Fujiwati. F. S., Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal pendidikan dan kajian seni. ISSN:2503-4626. Vol. 1.No. 1. Di akses pada 6 september 2019 melalui http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/849
Hidayat.M., 2013. Efektifan model cooperative learning numbered head together (NHT) fan concept mapping terhadap kemampuan kerjasama dan meningkatkan penguasaan konsep peserta didik SMA pada topic pencemaran lingkungan. Program atudi pendidikan sains. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Karina Sapsuha dan Ermin. 2021. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik biologi SMP Negeri 3 Kota Ternate. . Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Nasution. K. M., 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. ISSN:1978-8169. Vol. 11.No. 1. Di akses pada 6 september 2019 melalui http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Yunita. L. & Sofyan. A. & Agung.S., 2014.Pemanfatan peta konsep untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep senyawa hidro karbon.Jurnal edusains.Vol. 6. No.1. Di akses pada 6 september 2019 melalui http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1094
Ratna Abubakar dan Muhammad Iksn B Aly.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual pada tumbuhan pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 13 kota Ternate. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Sudarisman.S., 2015.Memahami hakekat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013.Jurnal florea.Vol. 2.No. 1. Di akses pada 6 september 2019 melalui http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403
Sintia umagapi dan jena Andres.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada materi komponen-komponen linkungan tethadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Kota Ternate. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.
Sunhaji., 2014. Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran.Jurnal kependidikan.Vol. 11.No. 1. Di akses pada 11 september 2019 http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/551
Syarif, Y., 2011. Pemanfaatan peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang indek harga dan inflasi. (penelitian tindakan di MAN 1. Tarumajaya bekasi).Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. Universitas islam syariff hidayatullah: Jakarta. Di akses pada 18 september 2019 melalui http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/369
Widowati. D. A., 2015. Penerapan metode jelajah alam sekitar (JAS) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Joannes Bosco Yogyakarta pada materi Ekosistem.Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas sanata darma: Yogyakarta. Di akses pada 6 september 2019 melalui https://repository.usd.ac.id/5013/
Wulandari dan Muhammad Hidayat.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada tumbuhan mangrove di Sofifi kota Tidore Kepulauan Maluku Utara terhadap hasil belajat peserta didik. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.