Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Biologi SMP Negeri 3 Kota Ternate Kelas VII

  • Karina Sapsuha STKIP Kie Raha
  • Ermin Ermin STKIP Kie Raha
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Peserta Didik, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasl belajarpeserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah  peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate tahun ajaran 2020/2021. Sumber data adalah Pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes , dokumentasi, dan analisis data mengguakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi didalam proses belajar mengajar.

Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII  yang berjumlah 22 orang yang dibagi menjadi beberap kelompok pada setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian tes soal untuk mengukur hasil belajar peserta didik.

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 3 Kota Ternate dengan nilai rata-rata klaskal pada siklus I 71,81 dan nilai rata-rata klasikal pada siklus II 79,31. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning adanya pengaruh sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-01