Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Komponen-komponen Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Kota Ternate

  • Sintia Umagapi STKIP Kie Raha
  • Jena Andres STKIP Kie Raha
Keywords: Video Pembelajaran, Komponen Komponen Lingkungan, Kontekstual

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik didasari oleh minimnya media dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan peserta didik sulit dalam memahami materi. Tujuan penelitian yaitu mengembangankan video pembelajaran yang berbasis kontekstual pada materi komponen-komponen lingkungan untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Kot Ternate. Jenis penelitian ini yaitu penellitian pengembangan dengan menggunakan metode Researc and Development (R&D). Dengan mengikuti prosedur pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli bahasa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan uji coba oleh ketiga ahli, media video pembelajaran kemudian di aplikasikan ke peserta didik. Hasil penelitan yang didapat kemudian dilakukan uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan uji anava. Hasil yang diperoleh yaitu pada uji coba Normalitas pada kelas Media pada tahap Postest dengan nilai signifikan 931 % dan pada post test 212 % sedangkan pada kelas kontrol uji normalitas pada pretest 123 % dan post test 208 %. Kemudian dari masing-masing hasil yang telah di peroleh dari uji Normalitas dari kelas media dan kelas kontrol    maka hasil dari prestest dan postest di uji ke Homogenitas dimana nilai dari signifikan dari pretest yaitu 0,57 % dan postest 429 %. Kemudian di lanjutkan dengan uji Anava dimana pretest dengan hasil signifikan 107 % dan postest dengan nilai signifikan 005

%. Sehingga hasil belajar siswa yang di peroleh dengan soal postest dengan nilai rata 1522,750 % dan nilai rata-rata dari postest 470.000 %. Dari hasil yang di peroleh kita bisa simpulkan respon peserta didik terhadap video pembelajaran berbasis kontekstual sangat berpengaruh terhadap hasil berlajar siswa terutama di SMA Negeri 6 Kota Ternate.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-01