Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 13 Kota Ternate

  • Ratna Abubakar STKIP Kie Raha
  • Muhammad Iksan B Aly STKIP Kie Raha
Keywords: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg and Gall. Research dan Development (R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini adalah menghasilkan produk yang berupa media video audio visual dan menguji keefektifan produk tersebut. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membangkitkan motivasi serta rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Video pembelajaran membuat pelajaran lebih menarik karena dilengkapi audio visual maka materi tidak hanya disampaikan melalui kata-kata. Dengan menggunakan video pada pendekatan pembelajaran kontekstual, pembelajaran diharapkan lebih bermakna dan menumbuhkan minat belajar pada peserta didik.Berdasarkan pengembangan video pembelajaran yang telah dilakukan penilaian oleh tiga orang ahli yaitu media, materi dan bahasa maka dapat disimpulkan bahwa media yang telah dibuat hasil akhir menunjukan bahwa media pembelajaran telah valid ini didasari pada hasil penilaian tiga ahli menunjukan bahwa nilai presentasi sebesar 11,38%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afreni Hamidah, Eka Novita Sari & Retni S. Budianingsih, (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi Di Laboratorium Sma Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. ISSN: 1979- 0910. Volume.8 No. 1. diakses pada
12 september 2020.

Agustiningsih, (2015). “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Volume. 4, No. 1, hal 55-68. diakses 13 agustus 2020.

Akhmad Busyaeri, Tamsik Udin & A. Zaenuddin, (2016). Pengaruh

Aprida Pane & Muhammad Darwis Dasopang, (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. ISSN: 2442-6997.
Volume. 03 No. 2. Web: jurnal. iain- padangsidimpuan.ac.id/index.php/F. diakses pada 24 juli 2020.

Dewi Surani, (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Pendidikan, Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia
Email : suranidewiahead@gmail.com. ISSN 2620-9071 Volume. 2, No.1, 2019, hal.
456 – 469 diakses pada 22 Juni 2021.

Gd Tuning Somara Putra, Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc.,I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom., M.Sc, (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas Xi Program Keahlian Multimedia Di Smk Negeri 3
Singaraja. ISSN 2089-8673. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Volume 1, Nomor 2 Juli 2013. diakses pada 8 Juli
2021.

Isran Rasyid Karo-Karo S & Rohani, (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. ISSN: 2580 – 0450. Voumel. 7, No.
1.diakses 09 agustus 2020.

Izqy Yuan Andari Ms, (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan Ips Tingkat Sma Se- Banten. ISSN 2620-9071.Volume .2, No.1, 2019, hal. 263-275. diakses pada 22
Juni 2021.

Joni Purwono, Sri Yutmini & Sri Anitah, (2014). Penggunaan Media Audio- Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. ISSN : 2354-6441. Volume. 2, No. 2, hal 127 – 144. http://jurnal.fkip.uns.ac.id. diakses pada 13 agustus 2020.

Ketut Agustini & Jero Gede Ngarti, Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali ISSN : 2615- 6091. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Diakses pada 22 Juni 2021.

Muh. Sain Hanafy, (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan Vol. 17 No.1 66-79. diakses pada 17
maret 2020.

Rita Mutia, Adlim & A. Halim, (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). ISSN: 2338-4379. Volume 5, No. 2, hlm. 108-114.
http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. diakses 06 juli 2020.

S.K. Anggarwal, Nur Aeni Ariyanti, M.P, Zuneldi, Riyono & Imam Hari Pramono, (2014). Biologi 1 SMP Kelas VII. ISBN: 978-979-092-680-6
hal 131-139. diakses pada 12
september 2020.

Sitti Saenab, Ramlawati & Irma Suryani, (2018). Pengaruh Media Video Dengan Pendekatan Kontektual Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vii Mts Negeri Gantarang Kab. Bantaeng (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal Ipa Terpadu. ISSN: 2597-8977. Volume 1. No 2.
http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpa du. diakses pada 05 juli 2020.

Sulihin B. Sjukur, (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK Di SMK Negeri 1 Satui Kab. Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume. 2. No. 3. diakses pada 10
september 2020.

Talizaro Tafonao, (2013). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. ISSN: 2549- 4163. Volume .2 No. 2. diakses 12
Agustus 2020.

Tuti Andriani, (2015). Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya. Jurnal Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Volume. 12. No. 1.
http://www.unesco.org/ new/en/ communication-and information/resources/publications- and-communication-materials/ publications/full-list/ict-transforming- education-a-regional-guide. diakses pada
Published
2021-11-01