PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 11 KOTA TERNATE

  • Kusdayanti Djufri, Ermin, Jena Andres ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Model Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana dari techer centered menjadi student centered. Pembelajaran ini lebih terfokuskan kepada siswa dimana siswa betul-betul diasah skill (kemampuanya) agar mampu beradabtasi dengan perkembangan jaman. Hasil belajar kognitif merupakan suatu konsep yang berhubungan dengan intelektual (pengetahuan) dan kemampuan menalar (berpikir).hasil belajar kognitif berbeperan penting dalam pembelajaran biologi sebagai suatu alternatef pemahaman konsep. Namun berdasarkan hasil observasi.berdasrkan hasil observasi dengan salah satu Guru biologi, terdapat permasalahan bahwa hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Kota Ternate itu rendah. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 11 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan Pretes dan Posttes. Populasi pada penelitian ini Adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Ternate dan sampel penelitian ini menggunakan dua kelas dari total populasi yang dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil peneltian dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa dengan nilai F hitung 38,771 dengan nilai signifikansi 0, 000 yang nilainya lebih kecil dari 0,050 Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadiyanto (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Eduksi) Berbasis Word Square pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Kelas VIIIC SMP Negeri I Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Volume 6, Nomor 2, Nopember 2016.
Ahmad Muzakki Alfahmi Dan Ganes Gunansyah (2014). Penerapan Model Pembelajran Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya Vol 2 No 2.

Ihwan Mahmudi, Muh, Zidni Athoillah, Eko Bowowicaksono, Dan Amir Reza Kusuma (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal multidisiplin madani. Volume 2, No 9 september 2022.

Ismalia, Sukarno, dan Jerfi (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ipa Siswa Volume 2 Nomor 3, Desember 2022.
Mariyatul Qiptiyyah (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII Mts Negeri 5 Demak. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 1, Bulan Desember Tahun 2020.
Rabiatul Adawiyah Dan Zona Octarya (2017). Pengaruh Model Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Media ICM Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Vol 1, No 2, Tahun 2017.
Nurmisanti, Yudi Kurniawan, Dan Riski Muliyani (2017). Identifikasi Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. Vol. 2 No 1 Maret 2017. Hal 17-18.
Titi istigfara dan afnita (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen. Jurnal pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (JPBSI) Vol 9 mei 2020.
Yunni Arnidha (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal e-DuMath Volume 2 no 1, januari 2016 Hlm. 128-137.
Published
2025-06-23